Yeah hellow what’s up? Haha.

Hari ini, Senin 7 Maret 2016 seperti biasanya aktivitas saya adalah kuliah. Jadwal kuliah saya hari ini cuma satu (ya cuma satu). Mata kuliah apa? Mata kuliah hari di hari Senin saya pukul 9 itu Pembelajaran Menulis. Jadi singkat cerita saja, saya ingin berbagi ke- resahan dalam hati yang saya rasakan serta kebimbangan yang ada dalam pikiran.

Jadi gini di awal perkuliahan sebenernya saya sudah mencoba menebak-nebak kira kira apa yang bakal terjadi di perkuliahan. Pada bagian pembuka sih masih bisa menerima, tapi masuk di beberapa saat kemudian mulailah terjadi hal yang membuat otak dan hati saya kacau (read: blank). Dosen saya mendesain sebuah perkuliahan yang sebenarnya sudah saya perkirakan namun di luar kesadaran saya (read: undiscovered). Jadi beliau melakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai bekal (read: input) yang nantinya akan diproses bersama-sama dalam perkuliahan hari ini. Tak disangka tak diduga (dosen mungkin telah prediksi) bahwa harapan pada pertemuan sebelumnya tak berbuah. Dosen berharap kalau satu kelas sudah memiliki bekal yang artinya sudah siap dalam melakukan kegiatan per- kuliahan yang dilakukan dengan cara diskusi dan tanya jawab. Malah apa yang terjadi? Rencana dosen pada hari itu tidak berjalan mulus (read: failed). Alhasil dosen harus mem- berikan pancingan agar mahasiswa mengingat kembali dari apa yang telah dipelajarinya (read: recall). Intinya kami dibukakan oleh dosen kami (saya) agar memahami secara dasar dan kuat terhadap apa yang akan kami hadapi di masa yang akan datang, mem- benarkan apa yang sebelumnya belum benar sepenuhnya, menyadarkan apa yang sebelumnya tak sadar. Bagi saya kejadian ini merupakan penggugah (read: motivasi) untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada akhirnya saya pun menyadari kalaulah dalam hidup ini seseorang itu harus mengerti apa makna setiap hal. Banyak yang yang kita lihat dan kenal tapi mungkin banyak dari itu semua yang kita belum mengeti dan memahami apa makna yang ada dibaliknya.

Tinggalkan Balasan

